Testimoni Mosehat Sebuah Bukti Perjalanan Jamu Di Indonesia

7 Februari 2022
Beranda » Blog » Testimoni Mosehat Sebuah Bukti Perjalanan Jamu Di Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum. Testimoni mosehat adalah bukti dari sebuah catatan perjalanan panjang tradisi nenek moyang bangsa Indonesia yaitu jamu.

Saya termasuk salah satu orang yang masa kecilnya sangat menyenangkan, bermain kesana kemari, tanpa diam sedetik pun memegang gawai seperti sekarang. Tahun 90 an memang baru awal revolusi digital yang belum berkembang pesat seperti sekarang ini. Penjual makanan dan minuman masih sering seliweran didepan rumah saya, dan selalu ada saja yang beli di deretan blok saya.

Daftar Isi Ulasan Testimoni Mosehat:

  1. Latar Belakang Ulasan Testimonial Mosehat
  2. Anggapan Masyarakat Tentang Jamu
  3. Masa Kejayaan Jamu Sebagai Obat Orang Indonesia
  4. Opini Terhadap Efek Samping Obat Tradisional
  5. Upaya Mempopulerkan Obat Tradisional
  6. Keberadaan Mosehat
  7. Testimoni MOSEHAT Obat segala jenis penyakit

Latar Belakang Ulasan Testimoni Mosehat

Terkait dengan tulisan ini, saya coba mengingat kapan terakhir saya melihat bakul jamu (penjual jamu) gendong, seingat saya terakhir saya lihat bukan di gendong namun memakai sepeda, dan itu sekitar tahun 2000 an. Ada memori tersendiri terkait penjual jamu dalam perjalanan hidup saya, karena saya teringat dulu waktu masih mudik ke tempat eyang di Jember, setiap pagi ada penjual jamu tradisional dan jajanan pasar yang selalu mampir ke rumah eyang, dan itu masih digendong. Terkadang saya juga minum, sekedar sinom atau beras kencur, yang menurut saya waktu itu tidak buruk, bahkan enak, apalagi dipadu dengan jajanan pasar, sebuah keindahan tersendiri jika mengingat momen-momen tersebut.

Saya juga masih sering dibelikan permen tradisional yang terbuat dari kayu putih dibungkus gula pasir berwarna hijau atau permen asem dengan bentuk yang mirip namun beda warna, di tempat kios-kios jamu yang masih banyak di Surabaya. Biasanya saya dibelikan setelah selesai potong rambut atau ketika sedang diajak jalan-jalan orang tua. Sampai sekarang saya masih ingat bagaimana bau kios-kios jamu tersebut, mungkin karena saking seringnya, oleh karena itu saat ini jika saya mencium bau lulur wajah yang berbahan herbal selalu ingat masa kecil tersebut.

Anggapan Masyarakat Tentang Jamu

Masa berganti, sampai suatu ketika ibu saya bercerita kepada kakak saya perempuan, bahwa jika sakit bulanan bisa minum jamu, tapi jangan terlalu banyak karena dapat mengakibatkan sakit ginjal. Saat itu saya berpikiran bahwa saya tak lagi diajak beli jamu karena mungkin ibu saya menemukan informasi baru tersebut. Informasi yang mungkin dari berita televisi, iklan, koran, majalah atau dari mulut kemulut.

Kini revolusi digital sudah hampir memasuki versi 3.0, informasi valid mudah didapat dan informasi hoax gampang diungkap. Maka saya mulai meneliti, membaca beberapa artikel terkait masalah ginjal akibat jamu, dari semua yang saya baca, rata-rata mengungkapkan bahwa masalah ginjal dapat muncul JIKA dalam jamu tersebut ditambah senyawa atau zat kimia lain seperti obat sintetis.

Dari temuan saya tersebut, maka jelaslah tidak semua jamu seperti itu, saya juga tak yakin kalau jamu gendongan itu ditambah bahan aneh-aneh diluar herbal. Artinya bisa jadi, selama ini asumsi jamu penyebab sakit ginjal hanya sebatas tudingan saja, dan belum pernah terbukti. Pengobatan modern menyarankan agar masyarakat hanya mengkonsumsi obat apapun yang telah lolos atau bersertifikat BPOM saja.

Saya jadi penasaran, mengapa kita sekarang lebih percaya pada sertifikat daripada warisan leluhur kita yang jauh-jauh lebih tua.

testimoni mosehat

testimoni mosehat

Masa Kejayaan Jamu Sebagai Obat Orang Indonesia

Untuk menjabarkannya mari kita kembali kepada masa kejayaan obat-obatan nusantara, kata jamu merupakan singkatan dari Djampi dan Oesodo yang berarti penyembuhan dan kesehatan. Bukti arkeologis ada pada peninggalan berupa alat-alat pembuat jamu dan relief-relief yang tersebar di banyak candi di Indonesia.

Menariknya, pada saat kedatangan bangsa eropa yang membawa berbagai obat-obatan yang bersertifikat, jamu mulai ditinggalkan. Padahal jika kita coba untuk mengkritisi, jangan-jangan itu cuma akal-akalan mereka saja agar laku, mana kita tahu bahwa uji klinis yang diklaim benar-benar dilakukan. Sebenarnya, menurut saya, jamu justeru telah teruji secara klinis selama berabad-abad, bedanya hanya tak pakai sertifikat-sertifikatan.

Opini Terhadap Efek Samping Obat Tradisional

Karena jika pada masa awal-awal ditemukan bahwa seseorang setelah minum jamu sakitnya makin parah, ya jelas berhenti donk minumnya. Atau semisal setelah minum jamu efeknya ini itu dan sekiranya tidak cocok ya tidak diteruskan donk minumnya, selanjutnya bakal coba minum yang lain. Proses tersebut saya rasa telah dilakukan selama berabad-abad, dari kesaksian tabib-tabib, tabib yang tidak pandai meracik jamu, bakal sepi sebaliknya yang pandai meracik jamu hingga banyak membantu orang akan ramai.

Jangan-jangan, justeru karena industri pengobatan Indonesia yang bergeser itulah yang menyebabkan beberapa oknum sengaja meracik herbal dengan mencampur zat kimia dan mengiming-imingi kesembuhan instan hanya untuk bertahan di era obat-obatan bersertifikat.

Saya hanya bisa berandai-andai, seandainya saja bangsa kita menolak obat-obatan bersertifikat dari eropa tersebut, saya yakin saat ini industri obat tanah air bakalan lebih maju dari sekarang. Mengingat, banyak sekali tanaman obat herbal terutama rempah-rempah yang hanya tumbuh di Indonesia dan tidak ditemukan di belahan bumi manapun.

Upaya Mempopulerkan Obat Tradisional

Upaya-upaya untuk kembali mempopulerkan jamu sudah berkali-kali dilakukan, seperti ketika masa pendudukan jepang yang membentuk Komite Jamu Indonesia, namun karena pergolakan politik tanah air, upaya tersebut tenggelam.

Dekade demi dekade keberadaan obat dari jamu herbal mengalami pasang surut, hingga pada awal 2000 an sudah tak lagi saya temui penjual jamu disekitar rumah saya. Di pasaran, beberapa jenis obat herbal bermerek masih beredar, dan uniknya, banyak yang dari cina, entah itu oles atau kapsul.

Keberadaan Mosehat

Secercah harapan nusantara muncul, ada jamu herbal yang telah terbukti membantu menyembuhkan berbagai penyakit, namanya Mosehat. Sekilas kita dengar kata tersebut, homofon dengan kalimat mau sehat, dan ternyata memang merepresentasikan kegunannya bagi orang-orang yang mau sehat, seperti kesaksian dalam testimoni Mosehat.

Mosehat adalah jamu atau obat herbal dalam bentuk tetes yang diformulasikan secara higienis serta menggunakan teknologi terkini sebagai solusi berbagai macam penyakit. Terdiri dari ekstrak daun kelor yang kaya manfaat serta jintan hitam dan propolis.

Kalau dilihat dari bahan penyusunnya saja sudah kaya manfaat, maka tak heran hanya dengan meneteskan 6-10 tetes ke dalam 50ml air yang diminum 3x sehari saja sudah bisa mendapatkan khasiatnya.
aturan-pakai-mosehat

Testimoni MOSEHAT Obat Segala Jenis Penyakit

Permasalahan kesehatan apa saja yang terbantu dengan Mosehat Obat segala penyakit ?

Amandel

Amandel merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang Indonesia terutama anak-anak, peradangan yang terjadi mampu diatas oleh Mosehat dengan testimonial 8 orang.

Asam Lambung

Permasalahan Asam Lambung juga terbantu dengan ramuan Mosehat, permasalahan yang sangat umum dialami juga oleh orang Indonesia yang hobi makan pedas dan seringkali kurang berusaha mengatasi stres. Permasalahan lambung dimana asam yang seharusnya tetap berada dalam lambung malah naik, hal ini memberikan problem juga pada tenggorokan.

Asam Urat

Asam Urat merupakan permasalahan sendi yang umum dialami laki-laki usia 30 tahun ke atas dan sebagian wanita terutama usia menopose. Mosehat juga dapat dijadikan obat asam urat seperti 8 orang yang memberikan testimonialnya.

Untuk penderita asam urat dianjurkan untuk TIDAK memakan makanan seperti Pete, jengkol, vetsin, melinjo, (daun dan buahnya), bayam, kangkung, papaya, tangkai brokoli, tangkai kembang kol, buncis, kacang-kacangan (kenari, kacang hijau, kedelai, kacang panjang), minuman bersoda, the hitam dan coklat.

Dianjurkan untuk memakan semua jenis jamur, ayam kampung/pejantan, ikan laut dalam (salmon, tuna, tongkol, kembung, kue, kerapu, teri, dll). Anda pun boleh memilih salah satu jus berikut yang bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Wortel (1 ons) + Seledri (2 batang, akar + daun) + ½ gelas air
  2. Kiwi (1 ons) + Melon (1 ons) + 2 Sendok air jeruk peras + ½ gelas air.
  3. Apel Fuji (1 ons) + Jambu merah (1 ons) + Air jeruk 1 sendok makan + ½ gelas air.

Asma

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas. 11 Orang telah memberikan testimoni untuk Mosehat karena telah terbantu.

Batu Empedu

11 orang yang punya permasalahan Batu Empedu juga ikut memberikan sedikit reviewnya, permasalahan ini bisa dialami oleh semua orang dimana endapan kolesterol menggumpal dan tidak mampu dipecah oleh cairan empedu, menyebabkan sakit perut kanan bagian atas.

Testimoni Mosehat Untuk Batu Ginjal

Batu Ginjal dan Pengapuran Anak Ibu Irna Berkurang karena Mosehat, padahal sebelumnya sudah mengkonsumsi berbagai macam jenis obat-obatan. Kini sedikit demi sedikit pemasalahannya sudah mulai berkurang.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran udara atau saluran bronkus. Ibu sarah menuturkan bahwa setelah meminum masalah kesehatan saluran bronkusnya membaik.

Darah Tinggi

Darah Tinggi adalah ketika tekanan aliran darah menjadi tinggi karena banyak faktor, ini bisa menyebabkan berbagai gejala seperti pusing. Ibu Maisuroh mendapati tensinya kembali normal setelah meminum Mosehat.

Penderita tekanan darah tinggi, diharapkan tidak mengkonsumsi Bawang merah dan pisang Ambon.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi : Daun Salam (8 lembar) + Seledri (2 batang, akar + daun) + 2 liter air. Direbus dengan api kecil sampai mendidih 5 menit baru dimatikan apinya. Dapat diminum pagi, siang dan sore.

Penyakit Diabetes dalam Testimoni Mosehat

Diabetes berkaitan dengan kada gula dalam darah yang meninggi. Bapak Rosid mengkonsumsi hingga kadar gulanya kembali normal.
Anjuran :

  • Makan 2 biji Mahoni setiap pagi (agar tidak [ahit, masukkan dalam pisang).
  • Mahkota Dewa (35 gram / 1 genggam) => Rebus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas.
  • Juice Jambu biji (1 ons) + Apel hijau (1,5 ons) + ½ gelas air.
  • Hindari obat-obatan yang mengandung Mefromin karena akan menyebabkan cuci ginjal.

Getah Bening

Getah Bening adalah benjolan di area-area kelenjar getah bening. Destriani sudah habis hampir 1 botol dan benjolannya sudah mengecil.

Hernia

Hernia atau turun berok adalah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah.

Kolesterol

Tinggi kolesterol adalah jumlah kolesterol yang tinggi yang kerap menimbulkan permasalahan kesehatan. Kolesterol dapat menyebabkan sumbatan-sumbatan dalam pembuluh darah atau sumbatan-sumbatan dalam kepala. Hal ini bisa memberikan peluang terjadinya, stroke, penyakit jantung koroner (PJK), atau gagal ginjal.

Jika kolesterol anda meningkat maka disarankan menghindari makanan berikut ini

  • Jeroan, seafood, lemak, vessin.
  • Kurangi gorengan serta terigu (mie, roti, bolu, biscuit)
  • Kuning telur, ayam ras, ikan kolam (karena makan [ellet)
  • Ikan pantai, kerang-kerang pantai
  • Sayur kangkung, bayam, daun singkong, daun papaya
  • Buah naga, durian nangka, cempedak, sukun.

Pola makan haruslah berubah, dan disarankan untuk melakukan hal berikut

  1. Sebaiknya makan jus serta buah-buahan sebelum makan nasi.
  2. Seimbang antara sayur-sayuran dan buah-buahan serta daging protein dll.
  3. Makan buah atau minum jus sebelum makan nasi atau makanan [adat (1 Jam sebelumnya) biasakan minum jus buah/sayur.
  4. Hindari makanan penyebab kolesterol dan lain-lain membatasi makan dan berhentilah makan sebelum kenyang. Tahu tepat makanan yang harus dimakan (contoh: alpokat saja)
  5. Waspada sedini mungkin ketidaknyamanan dalam tubuh serta antisipasi sebelum parah.
  6. Usahakan makan tanpa gula atau susu. (alpukat, sirsak, pepaya). Rata-rata rasio 4 >>> 5 > 6 > 7 (bahaya rawan strok, jantung koroner)
  7. Tahu rasio kesehatan rumus = (Kolesterol total HDL)2^=…..?
  8. Kegemukan / obesitas dapat melemaskan kaki dengkul dan sesak nafas serta banyak timbul macam-macam penyakit.

Agar Hasil Maksimal, Selain Minum Mosehat dianjurkan konsumsi makanan berikut

Semua jenis jamur, ayam kampung/pejantan
ikan laut dalam (salmon, tuna, tongkol, kebung, kue, kerapu, teri, dll.)

Anda bisa meminum salah satu jus berikut ini, namun disarankan rutin

  1. Kentang mentah (1 ons) + Tomat merah (1 ons) + Melon (1 ons)+ ½ gelas air.
  2. Timun berbiji (1 ons) + Nanas (1 ons) dibuang jantungnya + Apel hijau (1,5 ons) + ½ gelas air.
  3. Belimbing (0,5 ons) + Strawberry (0,5 ons) + Melon (1 ons) + ½ gelas air.
  4. Strawberry (0,5 ons) + Nanas (1 ons) dibuang jantungnya + Tomat merah (1 ons) + ½ gelas air.
  5. Jambu biji (1 ons) + Nanas (1 ons) dibuang jantungnya + Tomat merah (1 ons) + ½ gelas air.
  6. Kiwi (1 ons) + Apel hijau (1 ons) + Youghurt plain (150 cc)

Catatan :

  1. Jangan menggunakan : gula pasir, gula batu, gula kelapa
  2. Boleh diganti : Madu , gula aren, gula jawa, gula jagung

4 orang telah memberi kesaksian di testimoni mosehat berkaitan dengan penyakit kolesterol. Untuk hasil maksimal silahkan coba tips diatas.

Liver

Masalah liver adalah istilah yang digunakan untuk setiap gangguan pada liver atau hati yang menyebabkan organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik.
testimoni-dedy-mizwar

Maag

Maag adalah gangguan penceraan paling umum. Penggunaan yang rutin dapat mengobati bahkan mencegah untuk kambuh lagi.
Pantangan : Ketan, tales, havermut, cuka, pisang Ambon, kedondong. Asinan buah, makanan kaleng, segala jenis makanan yang diawetkan dan yang mengandung bahan pengawet.

Anjuran
Minum rebusan :

  • Kunyit, Temulawak (masing-masing sebesar telur ayam) + 2 gelas air => 1 gelas.
  • Daun Sirih 1 lembar + Kunyit sejari => diparut, dimakan pagi dan sore.
  • Makan kunyit saja sejari => kunyah saja.

Polip Hidung

Polip Hidung atau polip nasal adalah tumbuhnya jaringan lunak yang terjadi di saluran hidung atau sinus. Anak Bpk Briyanka terbantu setelah menggunakan selama 1 munggu.

Prostat

Prostat adalah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih (uretra). Bpk Sucipto sembuh dari prostat setelah berobat kemana-mana.

Radang Usus

Radang Usus adalah peradangan kronis pada saluran pencernaan yang ditandai dengan adanya iritasi hingga luka. Permasalahan ini dialami Ibu Leni dan membaik setelah konsumsi Mosehat.

Testimoni Mosehat Untuk Rematik

Penyakit rematik adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Bpk Budi minum 1 botol dan sembuh.

Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan di lapisan sinus, yang umumnya ditandai dengan pilek, hidung tersumbat, dan nyeri di area wajah. Kondisi ini bisa berlangsung dalam hitungan minggu, bulan, atau bahkan tahun. Sinus ibu Inarsih tidak terasa lagi, setelah 1 bulan mengalami permasalahan tersebut.

Vertigo

Vertigo adalah gejala yang menyebabkan seseorang mengalami sensasi pusing berputar yang muncul secara tiba-tiba. Kata Ibu Ratih obat dokter tidak mempan, namun setelah minum Mosehat gejala vertigo tidak ada lagi.

Wasir

Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus.

Kesimpulan Review Jamu dan Testimoni Mosehat

Jamu yang dibilang tradisional sebenarnya tidak benar-benar tradisional, bergantung cara bagaimana ia diracik atau bahasa kerennya diformulasikan. Testimoni Mosehat menjadi bukti bagaimana jamu di Indonesia bisa sangat berkhasiat dengan proses yang tepat dan higienis. Inilah era baru, wajah baru dari pengobatan asli Indonesia.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.