Formasi Manchester City PES 2017 Update 2021 Ga Butuh STRIKER

22 Januari 2022
Beranda » Blog » Formasi Manchester City PES 2017 Update 2021 Ga Butuh STRIKER

Formasi Manchester City PES 2017 ini berdasarkan pengalaman saya bermain selama beberapa tahun belakangan, mungkin belum cukup teruji bila dibandingkan strategi manchester city 2013 yang telah saya mainkan setengah dekade. Tantangan strategi Manchester City update 2021 adalah minimnya striker, jadi saya coba menguji tanpa menggunakan striker murni.

Formasi Manchester City PES 2017 4-2-2-2

formasi manchester city pes 2017 2021

formasi manchester city pes 2017 2021

Seperti yang kamu liat, tidak ada Gabsus disana, meskipun sebenarnya dia tak kalah handal dari Aguero dalam mencetak gol. Kenapa tidak saya jadikan starter eleven, karena striker murni cuma dia seorang, jadi saya tidak ingin membiasakan bermain dengan striker, antisipasi kalau kondisi gabsus lagi jelek, biar ngga adaptasi lagi dengan formasi baru.

Winger RWF dan LWF

Untuk winger kiri saya pilih Sterling karena selain winger kanan cukup banyak stok handal, kemampuan maksimal Sterling ada di winger kiri. Meskipun umpan crossingnya ngga bagus-bagus amat, dia punya running speed dan kecerdikan untuk menjalankan beberapa strategi yang nanti kita akan bahas.

Pelapis winger kiri saya pakai Foden, kenapa harus dia, kan ada Grealish, yup Foden lebih cepat larinya dari Grealish, body feint dan pergerakannya hampir selevel dengan Sterling. Kalo Grealish kurang cepat dan pergerakannya cenderung kurang efektif, entah karena ngga punya visi atau gimana. Jika situasi tidak memungkinkan saya terpaksa pakai Grealish atau bahkan Riyadh Mahrez.

Winger kanan sebenarnya saya lebih suka dengan Bernardo Silva, karena dia lebih cepat, lebih cerdik dan lebih rajin cari ruang untuk cetak gol daripada Riyadh Mahrez. Namun karena saya pakai 2 AMF, dan karakter Bernardo Silva cocok untuk isi posisi tersebut, jadi saya pasang Mahrez untuk sayap kanan. Meskipun Mahrez sering kehilangan bola karena body feintnya kurang dan sering jatuh-jatuh, skill tekniknya bagus, shot-shotnya jarang meleset, penempatan posisinya juga bagus, sehingga tak jarang kalian akan mendapati Mahrez ngegolin dari bola ribon atau bola liar.

Mancehster City punya cukup banyak winger kanan, jadi kepindahan Feran Torres ke Barcelona tak meninggalkan kehilangan yang signifikan. Kalau ambil dari bench, saya bisa pakai Gabsus atau Grealish, bila kondisi tidak memungkinkan saya pakai Bernardo Silva atau bahkan Sterling.

AMF (Gelandang Serang)

2 Posisi AMF ini sudah coba pakai Mahrez, tapi dia sering kehilangan bola, diganggu dikit udah lepas bolanya, padahal body balance cukup bagus, namun mungkin body feint kurang. Grealish meskipun dribling dan body balance bagus, dia kurang rajin bergerak, sehingga sulit bangun serangan lewat dia. Gundogan running speed dan driblingnya kurang, sehingga menghambat jika terjadi serangan balik. Foden cukup gesit, rajin cari ruang, body feint cukup baik namun body balance kurang, sehingga sulit menerima umpan bila mendapat pressing lawan, mengingat posisi AMF ini paling sering di press.

Bernardo Silva cocok sebagai AMF, dia gesit, rajin cari ruang, body feint baik, body balance ngga jelek-jelak amat. Coba simak video berikut yang memperlihatkan proses terjadinya gol dari pergerakan Bernardo Silva.

Dari video tersebut, setelah Bernardo Silva memberikan umpan dia lari sekencang-kencangnya kedepan, dekat dengan posisi sterling, karena disana ada area kosong yang dilepas oleh bek PSV Eindhoven untuk menjaga sterling, sementara center back tidak melakukan offside-trap.

Selanjutnya adalah Kevin DeBruyne yang awalnya saya coba mainkan di posisi CMF, dan posisi AMF dipakai Grealish, namun ternyata peluang gol dari pergerakan DeBruyne lebih banyak daripada Grealish, jadi sekalian aja ganti Grealish. Dan benar saja, saya tempatkan di AMF, serangan makin bagus, banyak gol yang terjadi dari pergerakan dirinya, coba simak proses gol berikut.

Dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana DeBruyne lari kesana kemari mencari ruang kosong, hingga pada momen yang pas dan posisi yang tepat saya umpankan ke dia. Lihat juga pergerakan Foden winger kiri yang masuk ketengah, ini merupakan perwujudan dari formasi dan strategi yang saya terapkan.

Pemain lapis kedua untuk posisi AMF ini adalah Grealish, Mahrez, Foden, Gundogan, yang bisa kamu pilih berdasrak kebutuhan atau kondisi pemain masing-masing.

CMF (Gelandang Tengah)

Posisi ini menurut saya penting, dia menjadi penghubung dari bek ke gelandang serang atau winger. Posisi ini ditempati oleh Gundogan, karena akurasi umpannya tinggi, body balance nya cukup bagus, dia rajin kebelakang dan sesekali bantu serangan ke depan. Dalam bertahan, dia sering sukses merebut bola, hal yang tidak dimiliki pemain-pemain AMF, LWF, RWF yang saya pilih di atas kecuali KDB yang seolah bisa dimana-mana dan ada dimana-mana. Gundogan semacam penyeimbang dalam formasi saya, meskipun mungkin andilnya tidak terlalu terlihat

Untuk pelapis Gundogan di CMF hanya Kevin DeBruyne, Fernandinho atau bisa pakai Bernardo Silva, namun jangan berharap B. Silva akan bantu pertahanan dengan baik.

LB (Bek Kiri)

Posisi bek kiri saya pilih Benjamin Mendy, karena dia cepat, kuat dan rajin bantu serangan. Pemain ini sering sekali membantu serangan, bahkan tak heran jika tiba-tiba dia lari sampai kotak penalti. Pilihan pemain di posisi ini yang mirip dengan dirinya adalah Kyle Walker, itupun tidak akan maksimal karena kyle Walker merupakan bek kanan yang juga tak tergantikan posisinya. Joao Cancelo bisa menggantikan posisinya, namun tidak seperti Mendy, dia lebih bertahan, dan tidak pernah lari seperti Mendy atau Walker ke kotak penalti lawan. Jika kalian terpaksa bisa pakai John Stones atau Nathan Ake, pilih bek bertahan sekalian saja, meski tak menyerang, paling tidak mereka unggul di pertahanan.

RB (Bek Kanan)

Posisi tak tergantikan milik Kyle Walker, speed dapet, body balance kuat, insting menyerang ada, menurut saya dia masih sempurna untuk posisi ini. Pelapisnya bisa Joao Cancelo, John Stones atau Anke, pemilihan dua center back tersebut hanya mempertimbangkan sisi speed saja, karena laporte dan diaz lebih lambat, sehingga ngga kekejar winger-winger lawan yang rata-rata kenceng larinya.

CB (Center Back)

Mengapa saya justeru tidak menggunakan yang larinya cepet seperti Stones atau Anke, itu karena Laporte dan Diaz positioning nya bagus banget, mereka berdua kadang bisa memotong umpan terobosan lawan. Entah mengapa semacam mereka berdua walaupun larinya lambat bisa mengantisipasi pergerakan striker lawan, sehingga bisa memotong umpan-umpan tersebut atau tidak terlalu jauh ngejar striker yang dapet bola. Untuk penggantinya tidak perlu dibahas lagi, karena cukup banyak pilihan yang kompeten.

Strategi PES 17 Manchester City Menyerang

Ada beberapa syarat untuk memainkan strategi saya, diantaranya adalah :

  • Kamu harus punya kesabaran lebih dalam membangun serangan
  • Skill passing musti baik, karena disadari atau tidak, kadangkala kita umpan kekanan itu bisa kedepan kanan atau ke belakang kanan atau sama sekali ke belakang, bergantung posisi pemain. Nah disini perlunya pemahaman skill passing. Karena kalau tidak akan merubah segalanya.
  • Segera berikan umpan saat melihat pemain lain sprint kedepan, karena kita tidak mengandalkan striker, jadi harus benar-benar jeli melihat siapa saja yang sprint ke depan.
  • Sering gunakan one-two passing bila bola dipegang pemain tengah.
  • Mampu bermain umpan-umpan cepat tanpa drible
  • Jangan memaksa pemain untuk crossing, karena tidak ada striker
  • Jangan terlalu mengandalkan winger untuk menyerang
strategi pes 17 mancehster city 2021

strategi pes 17 mancehster city 2021

Pemilihan possesion game adalah yang paling cocok, karena jika memilih counter attack maka para pemain akan menyebar, terutama 2 AMF yang bakal buru-buru maju mencari tempat yang tanpa striker, sehingga meninggalkan ruang kosong di tengah. Ini berbahaya jika gagal, karena lawan akan dengan mudah counter back, dan jelas pemain center back kalian akan kwalahan.

Tentu saja possesion game butuh umpan-umpan pendek, oleh karena itu saya pakai short pass pada build-up, karena kalau direct pass atau long ball, para pemain akan menyebar. Untuk Positioning, kalian pilih flexible, agar para pemain saling menutupi ruang kosong yang ditinggalkan.

Support range di setting lebih mendekat agar mudah untuk memainkan umpan-umpan pendek. Jangan khawatir akan main monoton, kalo kamu kreatif, bisa kok dapat peluang seperti yang ada divideo saya di atas.

Strategi PES 2017 Manchester City Bertahan

Agar bisa bertahan dengan baik ada beberapa tambahan cara agar pertahanan bisa kuat.

  • Bisa bertahan dengan menggunakan kotak, jadi tidak cuma X saja untuk mengejar bola.
  • Tenang saat mampu mendapatkan bola kembali.
  • Jangan buru-buru ke depan.
  • Press terus, bahkan bila perlu sampai garis pertahanan lawan, jangan khawatir akan bolong, karena pos yang kalian tinggalkan akan diisi pemain lain.
strategi pes 2017 manchester city bertahan

strategi pes 2017 manchester city bertahan

Untuk defensive, perhatikan defensive line, karena secara default defensive line Manchester City itu tinggi, jadi bek akan maju semu hingga batas garis, ubah agar lebih turun kebawah. Jika terlalu tinggi akan kesulitan mengantisipasi umpan terobosan lawan, mengingat kedua CB kita larinya pelan, kalau kecolongan susah untuk kekejar karena gap antara garis tersebut dengan gawang lebih jauh. Kalau diseting lebih turun kebawah, gap nya tidak terlalu besar, sehingga jika kecolongan ngga ada jarak untuk lawan melakukan sprin, keburu bolanya nyampe ke Ederson.

Untuk compactness ngga perlu diset terlalu lebar, karena kita punya kedua bek LB dan RB running speed nya cepat, sehingga cepat menutup zona pertahanan kanan dan kiri. Compactness yang terlalu lebar mengakibatkan mudah sekali untuk dimainkan lawan, seolah memberi ruang lawan untuk bermain.

Advanced Instructions

Untuk advanced instructions saya pakai False No. 9 agar winger masuk ke tengah, false bull backs yang membuat LB dan RB bisa ikut bantu ke posisi gelandang bertahan, satunya adalah Counter Target dengan menggunakan Sterling sebagai target man.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.