Para milenial tentu sudah akrab dengan IDN, apa lagi kalau tidak IDN Times sebuah portal berita yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Namun tahukah kamu jika IDN sendiri merupakan nama perusahaan? lebih tepatnya adalah IDN Media yang didirikan pada 2014. Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun, IDN media berhasil mengembangkan beberapa unit usaha di antaranya IDN Times, GGWP.ID dan lain sebagainya (bisa anda baca di wikipedia IDN Media).

Daftar Isi ➤

  1. Review aplikasi IDN App
  2. Penjelasan Tampilan IDN App
    1. Home
    2. Explore
    3. Tambah konten
    4. Notifikasi
    5. Profil
  3. Cara Daftar
  4. Cara Tulis pertanyaan
  5. Ikut Memberi Jawaban
  6. Cara Menulis Artikel
  7. Cara Bookmark/Simpan Artikel Favorit
  8. 3 Kesimpulan Review IDN App

Kini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin simple tanpa ribet akan informasi dan berita ter-update, IDN Media mengembangkan aplikasi smartphone yang disebut IDN App. Aplikasi ini termasuk aplikasi baca berita yang All-in-One, mengapa ? karena selain anda bisa membaca berita yang ditulis oleh para jurnalis, seperti dari IDN Times, popbela dan media berita IDN Media yang lain, anda juga bisa menjadi jurnalis sendiri dengan mengirimkan artikel berita atau informasi apapun di aplikasi ini. Terlebih lagi, di dalam IDN App ada forum berbasis tanya jawab untuk kita mengajukan pertanyaan apapun, yang bisa dijawab oleh pengguna IDN APP yang lain.

Review aplikasi IDN App

Aplikasi IDN App bisa anda download di android play store atau iphone app store. Ukuran aplikasi tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, cukup sediakan paling tidak 20MB untuk mengunduhnya.

Penjelasan Tampilan IDN App

Tampilan dari aplikasi cukup sederhana dan sangat memudahkan kita dalam memahami alur menu dan berbagai fitur. Pada bagian atas terdapat 2 menu induk yaitu Berita dan Tanya Jawab.

Tanya Jawab
Tanya Jawab

Pada bagian bawah terdapat beberapa menu di antaranya:

  • Home
    Home adalah beranda atau halaman awal aplikasi, disini anda sudah bisa langsung melihat daftar berita terbaru bersama pilihan berita Trending. (tampilannya seperti gambar diatas)
  • Explore
    Explore ini adalah halaman dimana anda bisa mencari artikel tulisan pengguna lain dalam tema-tema tertentu. Selain bisa mencari artikel berdasarkan kata kunci, anda bisa mencari artikel berdasarkan kategori, seperti travel, food, entertainment atau tech. Di bagian ini juga ada berbagai promo yang menarik untuk pengguna aplikasi, misalnya dapatkan 100ribu dengan menulis 2 artikel tema-tema tertentu.

    Berikut adalah tampilan dari menu explore

    explore 2
    kategori/tema-tema artikel
  • Tambah konten
    Tanda PLUS besar ditengah aplikasi adalah menu tambah artikel atau tambah pertanyaan. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kita harus daftar terlebih dahulu.

    menu tulis artikel
    menu tulis artikel
  • Notifikasi
    Notifikasi adalah daftar segala aktifitas yang berkaitan dengan konten yang anda buat, bisa artikel, pertanyaan, hingga komentar.
  • Profil
    Ini adalah halaman khusus para anggota atau kontributor. Pada halaman ini terdapat berbagai menu dan fitur, diantaranya adalah.

    halaman anggota
    halaman penulis
    menu anggota
    Fitur keanggotaan IDN App
    • Following dan Followers
      Merupakan daftar pengikut atau yang diikuti, sama seperti sosial media lainnya.
    • IDN Point
      IDN poin adalah poin yang anda dapatkan dari artikel yang anda buat, poin ini bisa ditukarkan (“Redeem”) dengan rupiah, dan segala penukaran akan tersimpan di “History”.
    • Rank
      Adalah ranking dari konten yang anda buat.
    • Total views
      Total views adalah jumlah berapa kali konetn anda dilihat
    • Pertanyaan dibuat
      Merupakan daftar pertanyaan yang sudah anda buat.
    • Jawaban dibuat
      Adalah daftar jawaban yang anda tulis
    • Bookmark
      Merupakan kumpulan artikel yang telah anda simpan, tombol simpan artikel ada pada bagian bawah tiap-tiap artikel, tapi bukan artikel berita.
    • Terakhir Dibaca
      Artikel yang terakhir anda baca ada dibagian ini.
    • Draft
      Jika anda menulis artikel, lalu memutuskan untuk disimpan dahulu sebelum diselesaikan, maka daftar ini akan berguna, karena menyimpan artikel yang disimpan tapi belum terpublikasi.
    • Artikel Terbit
      Artikel terbit adalah daftar artikel yang telah melalui proses moderasi dan telah diterbitkan.
    • Artikel Revisi
    • Artikel Moderasi
      Daftar artikel yang sedang dalam proses moderasi.
    • Artikel Ditolak
      Adalah daftar artikel yang ditolak dan tidak bisa dipulikasikan.

Cara Daftar

Agar dapat menggunakan aplikasi IDN App dengan maksimal dan mudah, kita perlu daftar. Caranya gampang banget, cukup ke menu profil, lalu pilih tombol merah “masuk”, kemudian cari “daftar di sini”. Di halaman daftar pilih daftar dengan google atau daftar dengan facebook, kemudian akan muncul daftar akun google/facebook anda, pilih salah satu, kemudian ikuti petunjuk yang ada dilayar.

bagian pendaftaran
halaman daftar

Cara mengirim pertanyaan

Cara mengirim pertanyaan atau mengajukan pertanyaan sangat mudah, cukup ke menu PLUS lalu tulis pertanyaan. Tulis pertanyaan se padat mungkin dan sejelas mungkin. Kemudian bagian bawah ada pilih kategori, agar orang lain dengan mudah menemukan pertanyaan anda.

halaman pertanyaan
halaman pertanyaan

Cara Mengirim Jawaban

Untuk mengirim jawaban, kita cukup ke menu paling atas “Tanya Jawab”, kemudian pilih pertanyaan yang ingin anda jawab.

Cara Menulis Artikel

Untuk memulai menulis artikel, pilih tanda PLUS besar ditengah bawah aplikasi, lalu tulis artikel.

Bagian ini akan kami jelaskan melalui gambar berikut :

cara menulis artikel idn app
menulis artikel di IDN App
  1. Pilih TOPICS yang berkaitan dengan tulisanmu, apabila tulisanmu tentang android versi terbaru berarti pilih topic “tech”. Begitu pula jika ingin membuat resep masakan, pilih topics “food”.
  2. Tulis judul disini, maksimal adalah 70 karakter, judul anda harus menarik, karena ini akan menjadi salah satu pertimbangan utama editor dalam memoderasi tulisan.
  3. Tulis cuplikan artikel anda disini, ini akan muncul sebagai caption di halaman sosial media IDN, dan maksimal adalah 60 karakter
  4. Unggah gambar sampul atau gambar utama. Image harus berkualitas HD, tidak boleh mengambil image dari website lain, serta tidak boleh memiliki watermark.
    Apabila anda tidak punya image, tenang, IDN menyediakan banyak sekali gambar ilustrasi. Caranya adalah pada saat anda akan upload, pada bagian atas ada kolom pencarian, masukkan kata kunci gambar apa yang kira-kira sesuai dengan artikel anda. Atau pilih menu “Semua Gambar” dan pilih “Ilustrasi IDN”.
  5. Tulis paragraf pembuka anda di sini. IDN App mencoba untuk memudahkan kita dalam menulis artikel yang benar-benar padat melalui step by step penulisan. Tujuan dari paragraf pembuka adalah membuat tulisan anda tidak terlalu panjang untuk dibaca, ada penggalan berupa sub judul, image atau kutipan dari media social. Jadi pecah artikel anda jika itu panjang kedalam beberapa sub judul.
  6. Tambah section adalah tombol cepat menambahkan kolom sub judul dan isinya
  7. Apabila anda menambahkan section, maka secara otomatis akan membuat field atau isian “sub judul”, insert media dan deskripsi. Oleh karena itu sub judul ini secara otomatis menjadi sub judul dan deskripsi ke-1. Apabila anda menambah section lagi maka akan jadi ke-2 dan seterusnya.
  8. Untuk menutup atau menghapus section
  9. Pilih media yang ingin anda sisipkan, supaya artikel anda lebih menarik atau lebih otentik. Bisa berupa gambar, bisa pula berupa cuplikan tweet, status facebook, gambar instagram atau video youtube.
  10. Tulis deskripsi ke-1 maksudnya adalah lanjutan dari artikel anda yang anda beri sub judul ke-1 tadi.
  11. Menaikkan dan menurunkan section bisa anda lakukan, sehingga urutan artikel anda lebih fleksibel untuk di atur.
  12. Section selanjutnya jika anda tambah section

Cara Bookmark/Simpan Artikel Favorit

Bookmark yang disimpan adalah artikel-artikel dari para kontributor, bukan artikel berita. Untuk membaca artikel-artikel kontributor, kita cukup ke menu Explore yang bergambar kaca pembesar pada bagian bawah layar. Lalu pilih kategori yang anda ingin baca, atau masukkan kata kunci pada field pencarian paling atas.

Setelah artikel terbuka, dibagian bawah ada gambar bookmark, yaitu icon pita. Untuk artikel yang berhasil disimpan, icon pita akan berubah menjadi merah.

3 Kesimpulan Review IDN App

Melalui IDN App baca berita jadi lebih mudah karena layout yang sederhana tapi nyaman untuk dibaca. IDN App merupakan aplikasi berita terlengkap karena, pertama, memiliki banyak jaringan website berita yang sudah terkenal dalam niche nya masing-masing. Kedua, memiliki forum tanya jawab yang simple, cocok dengan apa yang dibutuhkan generasi milenial dan Z, yaitu bahan bacaan cepat, lugas dan informatif. Ketiga, artikel yang dibuat oleh pengguna aplikasi dan berhasil dipublikasikan, telah melalui proses moderasi oleh editor berpengalaman, sehingga artikel dapat menjadi bahan bacaan berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here