Tanya Veronika Asisten Virtual sebuah layanan chatting yang bisa digunakan pelanggan untuk mengisi pulsa, beli paket, transfer pulsa, hingga mencari lokasi GraPARI terdekat. Pada artikel ini kita akan sama-sama belajar banyak hal terkait dunia virtual, Veronika sebagai Artifical Intelligance Telkomsel, hingga menjadi asisten virtual.

Latar belakang penulisan

Kita mungkin telah mengetahui keberadaan Artificial Intelligence (AI) beberapa tahun lalu dan aplikasinya dalam bentuk Siri atau Asisten Google. Namun ternyata, AI juga dikembangkan di Indonesia dalam bahasan kali ini oleh Telkomsel. Tidak banyak yang tahu bahwa Telkomsel mengembangkan Veronika menjadi Artificial Intelligence Asisten Virtual sejak 2017. Bahkan pengguna Telkomsel pun tidak menyadari bahwa mba Veronika sebenarnya teknologi AI, oleh karena itu, topik ini sayang untuk dilewatkan.

Daftar isi

  1. Pengertian Asisten Virtual
  2. Siapa itu veronika ?
  3. Lalu Apakah itu Veronika Asisten Virtual ?
  4. Apa yang dimaksud ChattBot ?
  5. Maksud dari Kata kunci (keyword) ?
  6. Kapan bisa mengakses Asisten Virtual Telkomsel ?
  7. Channel apa yang tersedia ?
  8. Bagaimana cara mengakses Asisten Virtual Telkomsel ?
  9. Apakah ada persyaratan jadi lawan bicara Veronika ?
  10. Bagaimana jika terjadi kesalahan input ?
  11. Bagaimana cara mengganti topik ditengah chat ?
  12. Fitur ChattBot Veronika
  13. Fitur ChattBot Veronika
  14. Tutorial Cara Tanya Veronika Asisten Virtual
    1. MyTelkomsel
    2. Website
    3. Whatsapp
    4. Facebook
    5. Telegram
    6. Line

Tanya Jawab Seputar Veronika Asisten Virtual

Pengertian Asisten Virtual ?

Singkatnya Asisten Virtual adalah Asisten (seseorang atau lembaga) yang bekerja untuk membantu orang lain dan atau klien secara jarak jauh melalui internet.

Siapa itu veronika ?

Veronika Telkomsel awalnya memakai huruf “c”, Veronica, yang merupakan singkatan dari VoicE RespONse and Info CAre. Veronica adalah figur tidak nyata yang dibuat Telkomsel sebagai sistem penjawab otomatis ketika telepon yang dituju diluar jangkauan atau tidak aktif. Figur lain buatan Telkomsel ialah Caroline (Customer Care On-Line) adalah sistem response otomatis untuk menggantikan customer service melakukan tugas-tugas sederhana seperti isi pulsa atau menjelaskan paket-paket dan promo lain. Jadi jelas bahwa bukan veronica yang ada di sinopsis film good morning veronica.

Lalu Apakah itu Veronika Asisten Virtual ?

Veronika asisten virtual Telkomsel adalah layanan digital berbasis chatting menggunakan chattbot dalam berbagai platform. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi seputar produk dan layanan Telkomsel.

Apa yang dimaksud ChattBot ?

ChattBot (Chatting roBot) adalah suatu rangkaian kode yang bisa memberi response otomatis berdasarkan kata kunci yang di input lawan bicara. Jika roboot konvensional adalah rangkaian komponen elektronik, demikian juga ChattBot yang terdiri dari rangkaian kode. Pada prinsipnya Robot konvensional memberikan response berdasarkan sensor apa yang ditanam, demikian pula ChattBot menggunakan kata kunci untuk bisa memberi response.

Kata kunci (keyword) yang bagaimana ?

Kata kunci yang dimaksud contohnya adalah “cek pulsa” maka akan dibalas dengan jumlah pulsa anda saat ini. Keyword yang bisa digunakan dalam berinteraksi dengan Veronika ada banyak sekali, anda bisa mencoba satu persatu atau coba daftar keyword ini.

Kapan bisa mengakses Asisten Virtual Telkomsel ?

kita bisa mengakses asisten virtual Telkomsel selama 24 Jam di berbagai channel.

Channel apa sajakah itu ?

Untuk saat ini channel yang bisa kita gunakan adalah aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

Bagaimana cara mengakses Asisten Virtual Telkomsel ?

Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel. Dan untuk memulai percakapan anda bisa gunakan 3 langkah sederhana dibawah.

Apakah ada persyaratan jadi lawan bicara Veronika ?

Harus mempunyai smartphone dengan kartu Telkomsel yang aktif. Karena nanti akan ditanya Veronika kode OTP yang dikirim melalui SMS sebagai verifikasi nomer.

Bagaimana jika terjadi kesalahan input ?

3 kali kesalahan OTP maka percakapan akan diblokir selama 5 menit, 9x kesalahan berturut-turut akan terblokir 1×24 jam. Meminta kode OTP 3x maka akan diblokir 5 menit. Jika salah memasukkan nomor telpon sebanyak 3x maka percakapan dengan Veronika akan terblokir selama 5 menit.

Bagaimana cara mengganti topik ditengah chat ?

Cara untuk mengganti topik ditengah chat adalah dengan kata kunci “batal” atau “cancel”.

Fungsi dan fitur Veronika

Berikut adalah daftar fungsi tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang bisa anda gunakan. Karena ini termasuk teknologi AI maka kita bisa menggunakan keyword apa saja, akan tetapi tentu saja response yang diberikan tidak semua sesuai dengan yang kita harapakan. Untuk memulai, bagaimana jika anda menggunakan keyword “Tanya Veronika”.

Daftar Fungsi

Daftar fungsi berikut bisa anda gunakan ketika chat dengan veronika dengan cara yang bisa anda pilih dalam 6 cara tanya veronika ini. Penggunaan kata kunci berikut sangatlah mudah, tinggal ketik saja dan kirim.

Keyword Fungsi
Cek Sisa Pulsa Untuk mengetahui sisa pulsa
Cek Tagihan Hanya untuk pelanggan kartuHallo yang ingin melihat tagihan berjalan.
Cek Kuota Untuk melihat kuota yang sedang digunakan.
Cek PUK Meminta kode PUK.
Cek Promo Melihat promo-promo.
Beli Voucher Game Melihat berbagai voucher game dan langkah untuk membeli.
Beli Paket Berisi berbagai paket internet dan paket lainnya.
Bayar Tagihan Sama seperti cek tagihan, untuk pengguna kartuHallo.
Beri Hadiah Hadiah untuk nomor telkomsel lain, misalnya pulsa atau paket.
Riwayat Tagihan Juga untuk kartuHallo.
Riwayat Isi Pulsa 3 pembelian pulsa terakhir.
Kirim Ulang Ebill Untuk mengirim ulang tagihan kartuHallo.
Beli Paket Berisi daftar paket yang ingin kita beli.
Combo Berisi paket internet combo saja.

*Daftar fungsi keyword untuk Veronika diatas diatas hanyalah sebagian. Anda bisa mencoba tanya dengan kata kunci lain.

Fitur Tanya Veronika Asisten Virtual

Beberapa fitur yang bisa dilakukan Veronika cukup banyak dan sangat membantu, diantaranya

  • Beli Pulsa
  • Paket internet
  • Paket combo
  • Beri hadiah
  • Transfer pulsa
  • Belikan pulsa
  • Riwayat isi pulsa
  • Cek Kuota
  • Dukungan metode pembayaran kartu kredit, E-Banking (Bank Danamon dan Bank Permata) serta LinkAja.

3 Langkah Mudah Tanya Veronika Asisten Virtual

Pada prinsipnya cara termudah bertanya pada Veronika adalah menggunakan 3 langkah saja. Perbedaannya hanya terletak pada cara membuka kotak chat atau dialog box masing-masing media.

Aplikasi MyTelkomsel

Pada aplikasi MyTelkomsel, pastikan anda punya paket atau punya pulsa cukup. Karena menggunakan aplikasi MyTelkomsel harus menggunakan sambungan data bukan Wifi. Buka aplikasi mytelkomsel dan cari dibagian tengah yang ada gambar Veronika berbaju merah, pilih kemudian mulai chat dengan “tanya veronika”.

Website Telkomsel

Jika handphone anda tidak memungkinkan untuk menggunakan aplikasi, maka website Telkomsel adalah cara termudah. Tinggal kunjungi saja www.telkomsel.com dan klik ikon mba Veronika dibagian kanan bawah layar, baik melalui desktop, PC atau android browser. Mulai dengan keywrod “tanya veronika”.

WhatsApp

Cukup catat dan simpan nomor whatsapp Mba Veronika (0811 1111 1111), dan anda bisa memulai chat kapan saja seperti biasa. Bisa gunakan kata kunci “tanya Veronika” terlebih dahulu.

Facebook

Tanya Veronika asisten virtual dilakukan dengan, buka facebook anda dan cari akun resmi Telkomsel verified (centang biru). Kemudian kirim pesan, dan mulai percakapan dengan “tanya Veronika”. Kita juga bisa menggunakan facebook messanger untuk memulai.

Telegram

Install Instagram dan cari akun resmi Asisten Virtual Telkomsel @telkomsel_official_bot dan mulai tanya Veronika asisten virtual dengan keyword “tanya veronika”.

LINE

Install Line, daftar dan cari nama @telkomsel yang bertanda shield atau tameng warna hijau dengan gambar bintang, kemudian anda bisa mulai dengan chat “tanya Veronika”.

infografis tanya veronika
infografis tanya veronika asisten virtual

Penutup Tanya Veronika Asisten Virtual

Pada 2020 dunia terguncang dengan wabah yang tidak pernah terjadi sebelumnya, sebuah virus flu yang mematikan yaitu COVID-19. Coba bayangkan bagaimana itu sangat mengerikan, mengingat kita sering terkena flu yang datang entah darimana. Oleh karena itu segalanya berubah, tidak ada lagi pergi ke sekolah dengan naik angkot, tak ada lagi nongkrong di kantin kampus, pun juga tak ada lagi mabar di warkop-warkop. Jalanan nyaris senyap karena PSBB.

Kami turut berduka atas semua elemen masyarakat yang menjadi korban baik penyakitnya maupun dampaknya. Namun, saya percaya Tuhan Maha Baik, COVID-19 datang disaat yang tepat, saat internet sudah sedemikian berkembang pesat, bayangkan jika pandemi ini datang 20 tahun yang lalu.

Internet disatu sisi, memudahkan kita berkomunikasi disaat tidak mungkin dilakukan. Belajar mengajar bisa dilakukan online, beli kebutuhan sehari-hari bisa melalui aplikasi, membuka lapangan kerja yang berbasis online, dan lain sebagainya. Dunia virtual menjadi revolusi industri 2.0 setelah yang terjadi di Eropa beberapa abad lalu.

Perkembangan dunia virtual yang makin pesat membuat kami yakin bahwa AI Telkomsel akan semakin maju, bahkan mungkin akan seperti google assistant atau siri. Kebayang mudahnya hanya dengan mengatakan “veronika beli pulsa” langsung dijawab paket apa saja. Mungkin juga kedepannya akan ditambhakan metode pembayaran baru sehingga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Bismillah Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here