Bagi seorang freelancer, programmer dan video editor, terkadang menggunakan 2 monitor adalah sebuah keharusan. Beberapa pekerjaan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dengan detail yang kecil, sehingga sulit dilakukan dengan single monitor. Namun sayangnya bekerja dengan 2 monitor hanya bisa dilakukan di satu tempat, entah itu rumah atau kantor. Untuk itulah, pada tulisan kali ini saya ingin mengulas produk yang mampu memenuhi kebutuhan spesifik tersebut.

 

Selamat datang di masa depan, dimana imajinasi menjadi realita dan akan mengukir sejarah.

Tak pernah terbayangkan 2 dekade lalu ketika pertama kali saya belajar bagaimana cara crop gambar dengan Photoshop akan mengerjakannya dengan 2 monitor. Lihat sekarang, saya bahkan sedang ngetik di layar kedua!.

Sudah 20 tahun lebih saya bergelut dengan dunia freelancer digital seperti desain logo, desain banner, poster, merancang website, hingga SEO. Belakangan malah nambah lagi keahlian saya editing video dan membuat aplikasi android. Software yang saya gunakan juga semakin bertambah seperti :

  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • XAMPP
  • Notepad++
  • Filmora Video Editor
  • Adobe After Effects
  • Adobe Premiere Pro

Masih banyak lagi software yang saya perlukan dalam proses pekerjaan saya, termasuk juga akhir-akhir ini penggunaan AI.

Harus saya akui, saya tidak pernah sebutuh ini dengan layar tambahan. Mungkin karena, setelah menikah saya tidak pernah lagi kemana-mana membawa laptop untuk mengerjakan proyek digital di luar rumah. Nah kebetulan, di rumah ada 1 monitor tak terpakai yang lebih besar, akhirnya saya setup saja pakai 2 monitor untuk proyek-proyek saya.

Kebosanan kerap datang, namun mau bagaimana lagi, saya sudah terbiasa dengan 2 layar dan bila saya bawa laptop keluar rumah, saya jadi malas mengerjakan proyek dengan hanya 1 monitor. 

Nah, 2024 ini ASUS meluncurkan sebuah laptop revolusioner yang siap meningkatkan produktivitas sekaligus mobilitas. Menjadi jalan keluar bagi programer atau freelancer yang terbiasa bekerja dengan 2 layar namun tetap ingin mobile.

 

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Mengapa Butuh 2 Layar

Peningkatan Produktivitas

Dengan memiliki lebih dari satu layar, pengguna dapat bekerja pada beberapa aplikasi atau dokumen secara bersamaan tanpa perlu terus menerus mengalihkan antar jendela. Hal ini sangat bermanfaat untuk pekerjaan yang membutuhkan pembandingan data atau referensi silang informasi.

Multitasking Efisien

Dengan adanya ruang kerja yang lebih luas, pengguna dapat memonitor email, menjalankan aplikasi pengolah kata, dan menjelajah internet secara bersamaan dengan lebih nyaman. Ini memudahkan untuk tetap terhubung dan produktif tanpa harus berpindah-pindah antar tugas.

Editing Video dan Grafis

Para profesional di bidang kreatif seperti editing video dan grafis sering memerlukan ruang layar yang luas untuk mengakses berbagai toolbar, timeline, dan pratinjau konten secara bersamaan. Penggunaan lebih dari satu layar memungkinkan mereka untuk mengatur ruang kerja mereka secara lebih efektif.

Trading dan Analisis Keuangan

Trader dan analis keuangan memanfaatkan layar tambahan untuk memantau pasar secara real-time, menjalankan analisis teknis, dan tetap mengikuti berbagai sumber berita dan data keuangan tanpa perlu berganti-ganti antar aplikasi.

Web Development dan Programming

Developer dan programmer sering kali bekerja dengan kode di satu layar sambil melihat hasilnya di layar lain. Hal ini memudahkan debugging dan pengujian tanpa harus meminimalkan atau mengalihkan jendela.

Presentasi dan Kolaborasi

Saat melakukan presentasi atau webinar, layar kedua dapat digunakan untuk mengontrol slide dan catatan, sementara layar utama menampilkan presentasi kepada audiens. Ini juga memudahkan kolaborasi tim, di mana satu layar bisa menampilkan video call sementara layar lain digunakan untuk bekerja.

Optimasi Penggunaan Aplikasi Khusus

Beberapa aplikasi, terutama yang digunakan dalam analisis data, CAD (Computer-Aided Design), atau aplikasi khusus lainnya, seringkali mendapat manfaat dari ruang layar tambahan untuk menampilkan panel informasi tambahan, grafik, atau data secara real-time.

Kustomisasi Lingkungan Kerja

Pengguna dapat menyesuaikan lingkungan kerjanya dengan lebih baik dengan menempatkan alat yang sering digunakan pada satu layar dan tugas utama pada layar lain, sehingga menciptakan alur kerja yang lebih personal dan efisien.

Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia

ASUS Zenbook DUO

Zenbook DUO menampilkan desain yang revolusioner dengan konsep dual-screen yang pertama kali diperkenalkan melalui Project Precog di tahun 2018. Desainnya yang inovatif mencakup dua layar 14-inci dalam bodi yang ringan dan tipis, menjadikannya salah satu laptop dua layar paling praktis untuk mobilitas. Dengan berat total hanya 1,39 kg dan ketebalan 1,46 – 1,99 cm, Zenbook DUO tidak hanya menawarkan estetika modern tapi juga kenyamanan penggunaan dan portabilitas. Keyboard yang dapat dilepas menambah fleksibilitas penggunaan, memungkinkan transisi mudah antara berbagai mode kerja.

Spesifikasi

SSD Storage

RAM (LPDDR5X)

Screen Size

Weight (kg)

Tebal (cm)

5 Mode Penggunaan Zenbook Duo

Dual-Screen Mode

Mode ini memanfaatkan sepenuhnya fitur dual-screen Zenbook DUO, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas dengan menggunakan kedua layar secara simultan. Dengan layar utama untuk pekerjaan utama dan layar kedua untuk alat tambahan seperti chat, email, atau referensi, pengguna dapat bekerja lebih efisien. Mode ini ideal untuk multitasking dan meningkatkan workflow, khususnya bagi profesional kreatif dan pengguna bisnis.

Desktop Mode

Dalam mode ini, Zenbook DUO diatur sedemikian rupa sehingga kedua layar digunakan secara vertikal dan berdampingan, mirip dengan setup monitor ganda. Ini sangat berguna untuk skenario seperti coding, menulis, atau browsing, di mana pengguna dapat memanfaatkan layar vertikal untuk melihat konten lebih banyak tanpa perlu sering menggulir.

Laptop Mode

Mode ini mengubah Zenbook DUO menjadi laptop tradisional dengan satu layar aktif di bagian atas dan keyboard fisik di bagian bawah. Mode ini cocok untuk penggunaan dalam ruang terbatas seperti di dalam pesawat atau kereta, di mana ruang untuk menggunakan dual-screen mungkin tidak tersedia.

Laptop Mode with Virtual Keyboard

Untuk pengguna yang lebih memilih tidak menggunakan keyboard fisik, Zenbook DUO menawarkan opsi untuk mengaktifkan keyboard virtual pada layar kedua. Ini memungkinkan penggunaan laptop dalam konfigurasi mirip dengan mode laptop tradisional, tetapi dengan input melalui layar sentuh. Mode ini berguna untuk situasi di mana pengguna lebih suka interaksi layar sentuh atau ketika ruang kerja terbatas.

Sharing Mode

Sharing mode memungkinkan pengguna Zenbook DUO untuk berbagi layar dengan orang lain dengan lebih mudah. Dengan membuka layar hingga 180°, kedua layar dapat diakses dari sisi berlawanan, memungkinkan dua orang untuk berinteraksi dengan laptop secara simultan. Mode ini sangat berguna untuk presentasi, kolaborasi, atau situasi di mana berbagi konten secara langsung dengan orang lain diperlukan.

Graphic

Dengan Intel® Arc™ Graphics, Zenbook DUO menawarkan performa grafis yang mengesankan untuk sebuah laptop dengan profil tipis dan ringan. Chip grafis ini mendukung teknologi canggih seperti real-time ray tracing dan Xᵉ Super Sampling, membawa visual game dan aplikasi grafis ke tingkat selanjutnya. Performa grafis yang ditingkatkan ini sangat penting bagi para profesional kreatif dan gamer, memungkinkan mereka untuk menikmati pengalaman visual yang lebih imersif dan mendetail.

Processor

Zenbook DUO ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H, bagian dari lineup Intel® Evo™ Edition, yang menawarkan kinerja tinggi untuk tugas berat. Dengan teknologi Intel® AI Boost NPU, laptop ini dirancang untuk efisiensi dalam pemrosesan aplikasi berbasis AI, memberikan pengalaman yang gesit dan responsif. Fitur ini memastikan bahwa Zenbook DUO dapat menangani berbagai tugas kompleks dengan lancar, dari pengeditan video hingga desain grafis dan lebih banyak lagi, tanpa mengorbankan daya tahan baterai.

Display

Zenbook DUO mengusung dua layar ASUS Lumina OLED 14-inci dengan resolusi 3K, refresh rate 120Hz, dan waktu respons 0.2ms, menjamin visual yang tajam dan bergerak lancar. Teknologi OLED menjamin warna yang kaya dan hitam yang dalam, sementara sertifikasi Dolby Vision® dan Pantone® Validated menjamin akurasi warna yang luar biasa untuk pekerjaan desain profesional. Dukungan VESA DisplayHDR™ True Black 500 menambah kedalaman visual, dan kemampuan touchscreen dengan stylus support memudahkan interaksi dan kreativitas.

Audio dan Kamera

Zenbook DUO dilengkapi dengan speaker yang telah disertifikasi oleh harman/kardon, menjanjikan pengalaman audio yang kaya dan mendalam, baik saat menonton film, mendengarkan musik, atau dalam panggilan konferensi. Built-in array microphone memastikan komunikasi yang jelas dalam panggilan video. Kamera FHD dengan dukungan IR dan Windows Hello memungkinkan login yang cepat dan aman dengan pengenalan wajah, sedangkan sensor cahaya ambient menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar untuk kenyamanan penggunaan yang optimal.

Connectivity

Zenbook DUO dilengkapi dengan array lengkap opsi konektivitas, termasuk dua port Thunderbolt™ 4 yang mendukung tampilan dan pengisian daya, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, dan jack audio 3.5mm, menyediakan fleksibilitas luar biasa untuk berbagai perangkat dan tampilan eksternal. Dukungan untuk Wi-Fi 6E dan Bluetooth® 5.3 menawarkan konektivitas nirkabel cepat dan stabil, memastikan bahwa pengguna tetap terhubung dengan kecepatan tinggi baik di rumah maupun saat bepergian.

Storage & RAM

Zenbook DUO dilengkapi dengan 16GB LPDDR5X, memberikan bandwidth yang tinggi dan efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Ini memastikan multitasking yang lancar dan waktu respons yang cepat, bahkan saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya. Untuk penyimpanan, laptop ini memiliki 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD, menawarkan kecepatan baca/tulis yang sangat cepat untuk memuat sistem operasi, aplikasi, dan file dengan cepat, serta menyediakan ruang yang cukup untuk semua dokumen, media, dan permainan pengguna.

Harga dan Garansi

Garansi

Dengan harga Rp33.999.000, Zenbook DUO menawarkan kombinasi fitur, kinerja, dan inovasi yang menarik bagi pengguna yang mencari laptop unik dengan kemampuan dua layar. ASUS juga memberikan 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty, memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna terhadap investasi mereka pada teknologi terbaru ini.

Penutup

ASUS Zenbook DUO mewakili revolusi dalam cara kerja para freelancer, programmer, dan video editor seperti saya, yang selama ini terkungkung oleh keterbatasan bekerja hanya di satu tempat dengan dua monitor. Dengan kemampuannya yang unik dalam menyajikan dua layar dalam satu perangkat yang ringkas, Zenbook DUO tidak hanya menawarkan solusi untuk meningkatkan ketelitian dan efisiensi kerja pada detail yang kecil—yang sering kali menjadi tantangan dengan single monitor—tetapi juga memberikan kebebasan untuk tetap produktif di mana saja.

Selama lebih dari dua dekade dalam dunia freelancing digital, dari desain grafis hingga pengembangan web dan video editing, saya telah menyaksikan evolusi alat kerja yang saya gunakan, mulai dari Adobe Photoshop hingga Adobe Premiere Pro dan aplikasi AI terkini. Zenbook DUO, dengan spesifikasi tinggi dan dual-screen yang inovatif, terasa seperti puncak dari perjalanan teknologi ini, memungkinkan saya untuk memanfaatkan software-software tersebut dengan lebih optimal, tanpa harus terikat pada setup dua monitor tradisional di rumah.

GPU Intel Arc dengan akselerasi hardware AV1 pada Zenbook DUO menjanjikan pengalaman editing video yang lebih lancar dengan kualitas streaming yang lebih tinggi, aspek penting bagi pekerjaan saya yang sering melibatkan pengeditan video berat. Desain inovatif, fleksibilitas mode penggunaan, dan konektivitas yang luas dari Zenbook DUO memberikan kenyamanan baru dalam bekerja, membebaskan saya dari “kebosanan” rutinitas kerja yang monoton dan menginspirasi untuk tetap kreatif dan produktif, baik di rumah maupun saat bepergian.

Dengan ASUS Zenbook DUO, masa depan kerja mobile bagi profesional kreatif tidak hanya menjadi kemungkinan, tetapi menjadi kenyataan yang nyaman dan efisien. Ini bukan hanya tentang memiliki dua layar dalam satu laptop; ini tentang membuka kemungkinan baru dalam cara kita bekerja dan mencipta—dimanapun, kapanpun. Zenbook DUO adalah jawaban bagi saya dan banyak freelancer lain yang mencari keseimbangan antara mobilitas dan kemampuan multitasking tanpa kompromi.